Pemetaan PEO Penunjang Pencapaian Professional Accomplishment, Academic Accomplishment, dan Social Accomplishment
PEO | Professional Accomplishment | Academic Accomplishment | Social Accomplishment |
PEO-1 | √ | ||
PEO-2 | √ | ||
PEO-3 | √ | √ | |
PEO-4 | √ | √ |
Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning Outcomes) Tabel 5.2 Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning Outcomes/PLO)
SIKAP (S) | DESKRIPSI |
PLO-1 (S-1) | Mampu menginternalisasikan karakter inovatif, berakhlak mulia, mandiri, integritas, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dan bertanggung jawab, Kerjasama dan kepedulian sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam kontek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
PENGETAHUAN | DESKRIPSI |
PLO-2 (P-1) | Memiliki pengetahuan pada tingkat advance tentang substansi inti dan ekstensi manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan pengambilan keputusan, supervisi pendidikan, dan kebijakan pendidikan untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji |
PLO-3 (P-2) | Mampu pengetahuan tentang teknik memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi di dalam bidang keilmuan manajemen pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. |
KETERAMPILAN UMUM (KU) | DESKRIPSI |
PLO-4 (KU-1) | Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat… mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja dibawah tanggungjawabnya…. menyusun konsep ilmiah dan hasil kajian atas hasil karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk |
PLO-5 (KU-2) | artikel ilmiah hasil penelitian yang terpublikasi pada jurnal ilmiah Mampu menghasilkan novelty perkembangan manajemen pendidikan, nasional dan internasional bereputasi dan disertasi. organisasi pendidikan kepemimpinan pendidikan dan pengambilan keputusan supervisi Pendidikan, kebijakan pendidikan melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. |
KETERAMPILAN KHUSUS (KK) | DESKRIPSI |
PLO-6 (KK-1) | Mampu mampu mengambil keputusan dalam setiap organisasi….. mampu menerapkan kewirausahaan memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan |
PLO-7 (KK-2) | pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif (pemimpin), Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui perencanaan strategik yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan) |
PLO-8 (KK-3) | Mampu melakukan dan mengembangkan riset bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipline, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. (peneliti) |
PLO-9 (KK-4) | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada manajemen pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif (dosen) |