Pemetaan PEO Penunjang Pencapaian Professional Accomplishment, Academic Accomplishment, dan Social Accomplishment 

PEO 

Professional  

Accomplishment

Academic  

Accomplishment

Social  

Accomplishment

PEO-1 



PEO-2 



PEO-3 

√ 


PEO-4 

√ 



Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning Outcomes) Tabel 5.2 Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning  Outcomes/PLO)

SIKAP (S) 

DESKRIPSI

PLO-1 (S-1)

Mampu menginternalisasikan karakter inovatif, berakhlak mulia, mandiri, integritas, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dan bertanggung jawab, Kerjasama dan  kepedulian sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam kontek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

PENGETAHUAN 

DESKRIPSI

PLO-2 (P-1)

Memiliki pengetahuan pada tingkat advance tentang substansi inti dan ekstensi manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan pengambilan keputusan, supervisi pendidikan, dan kebijakan pendidikan untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji


PLO-3 (P-2)

Mampu pengetahuan tentang teknik memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi di dalam bidang keilmuan manajemen pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.

KETERAMPILAN UMUM (KU) 

DESKRIPSI

PLO-4 (KU-1)

Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat… mampu  melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja dibawah  tanggungjawabnya…. menyusun konsep ilmiah dan hasil kajian atas hasil karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk

PLO-5 (KU-2)

artikel ilmiah hasil penelitian yang terpublikasi pada jurnal ilmiah 

Mampu menghasilkan novelty perkembangan manajemen pendidikan, nasional dan internasional bereputasi dan disertasi. 

organisasi pendidikan kepemimpinan pendidikan dan pengambilan keputusan supervisi Pendidikan, kebijakan pendidikan melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

DESKRIPSI

PLO-6 (KK-1) 

Mampu mampu mengambil keputusan dalam setiap organisasi….. mampu menerapkan kewirausahaan memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan

PLO-7 (KK-2)

pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif (pemimpin),  

Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui perencanaan strategik yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan)

PLO-8 (KK-3) 

Mampu melakukan dan mengembangkan riset bidang manajemen  pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipline, serta  mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. (peneliti)

PLO-9 (KK-4)

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada manajemen pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif (dosen)