Dinamika perubahan isu global dengan dampak yang ditimbulkan, membawa konsekuensi logis bagi Perguruan Tinggi untuk responsif dalam memenuhi kebutuhan layanan pendidikan sesuai dengan kriteria dan spesifikasi tertentu yang berkembang sesuai dengan konteks kebutuhan masyarakat di era tersebut. Isu global yang saat ini berkembang diantaranya era Abad 21 (dengan keterampilan 6C: computation thinking, compassion, creativity, communication skill, collaboratively, critical thinking and problem solving), Industry 4.0, Society 5.0, dan World Class University (WCU).
Responsi Program Studi S3 Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Unesa terhadap isu global tersebut terfokus pada upaya menemukan cara efektif untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dan handal di bidang Manajemen Pendidikan dengan penguasaan IPTEKS, spesialisasi keterampilan serta kesiapan mental dengan nilai dan norma sebagai perwujudan Iman dan Taqwa (IMTAQ) secara integratif. Oleh karena itu, upaya yang dipandang efektif dan strategis adalah rekonstruksi kurikulum. Rekonstruksi kurikulum adalah wujud keniscayaan yang harus dilakukan Prodi S3 Manajemen Pendidikan dalam merespon tantangan era global dan memenuhi kebutuhan layanan pendidikan masyarakat, termasuk kebutuhan inovasi Prodi sebagai unit lembaga penyelenggara pendidikan.
Kurikulum Prodi S3 Manajemen Pendidikan merupakan blueprint program pembelajaran yang dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi secara dinamis sesuai dengan kebutuhan pengembangan kajian manajemen pendidikan serta kompetensi yang dibutuhkan, baik pada level nasional maupun internasional. Rekonstruksi kurikulum sebagaimana dimaksud dilakukan sebagai bentuk upaya strategis Prodi dalam memenuhi prinsip relevansi kurikulum dengan mengacu pada kebijakan pemerintah diantaranya, Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Rekonstruksi kurikulum Prodi S3 Manajemen Pendidikan menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Pendekatan OBE berfokus pada pencapaian CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) yang menekankan keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di Perguruan Tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi.
Selain berorientasi pada pemenuhan prinsip relevansi dan kebutuhan inovasi, rekonstruksi kurikulum berorientasi pada upaya positioning dan penguatan Prodi dengan “karakteristik” sebagai penciri yang membedakan Prodi S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unesa dengan Prodi sejenis di Universitas lain. Kekhasan Prodi S3 Manajemen Pendidikan terletak pada penguatan kapasitas lulusan sebagai pengembang lembaga pendidikan pada berbagai jenjang dan level dengan kompetensi kepemimpinan dan analisis pada area strategik, baik internal maupun eksternal lembaga.
Kekhasan ini didukung dengan area keahlian yang berpotensi bagi penguatan kapasistas lulusan sehingga lulusan berkontribusi secara signifikan dalam menyelesaikan masalah dengan menghasilkan gagasan inovatif dalam penyelenggaraan sistem pendidikan sesuai dengan peran dan fungsinya. Area keahlian sebagaimana dimaksud terdeskripsikan dalam sajian matakuliah spesialisasi wajib dan pilihan yang dipandang dapat mempertajam kemampuan analisis lulusan terhadap substansi inti maupun ekstensi manajemen pendidikan, organisasi dan kepemimpinan pendidikan, kebijakan pendidikan dan supervisi pendidikan. Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unesa juga mempersiapkan lulusan yang berpotensi untuk berkarir dalam penelitian dan sebagai akademisi di tingkat perguruan tinggi yang mampu menghasilkan konstruk, model dan strategi pengembangan landscape Manajemen pendidikan.